Bermain dengan telur ayam rebus
Bismillahirrahmanirrahiim…
Masyaa
ALLAH, taabarakallah…
Kegiatan
belajar Kayyisa kali ini adalah pengulangan, life skill dari kegiatan yang
biasa dia lakukan sehari hari. Yaitu belajar dengan material alat makan dan sebuah telor rebus.
Material
:
1.
Dua
wadah makan
2.
Sendok
3.
Telor
rebus
4.
Flashcard
bergambar telor
Cemilan kayyisa sore ini adalah makan telor rebus, bunda sengaja membiarkan dia
mengeksplor terlebih dahulu dengan apa yang sudah ada di depannya. Sebelumnya bunda
menjelaskan kalau kayyisa mau makan telor, seperti yang ada di gambar flashcard
tersebut. Ketika bermain flashcard kami sembari menjelaskan gambar fc tersebut,
sehingga diapun ketika melihat gambar telor, yang dia jelaskan adalah “haem
haem”. Artinya makanan.
Dari
kegiatan Kayyisa kali ini, banyak point yang bisa kita pelajari bersama. Berdasarkan
buku “Jatuh hati pada montesorri” karangan Vidya Dwina Paramita dijelaskan
terdapat 5 area metode montesorri, yaitu Praktik Kehidupan Sehari-hari, Area
Sensoris, Area Budaya dan Ilmu Pengetahuan, Area Bahasa dan Literasi, serta
Area Matematika.
Note: Bunda
Kayyisa bukan/belum montesorrian ya buibu, (pengen suatu saat terkabul
menerapkan montesorrian dengan baik dan konsisten, jadi saat ini bunda Kayyisa
masih tahap seorang ibu baru yang sedang belajar membuat aktifitas anak sehari
hari sebagai family project yang bermanfaat untuk masa sekarang masa depan dan
seumur hidup buah hati kami, dan juga kami tentunya. Dengan cara mencari
referensi dan mengikuti kegiatan parenting yang masih masuk dalam value
keluarga kami, yaitu selama tidak mengurangi keimanan dan harga diri keluarga kami. 😍
Jadi
untuk kegiatan ini, bunda kayyisa berpanduan dari buku “JATUH HATI
pada MONTESORRI” karangan Mba Vidya Dwina Paramita. By the way, jazakillah
khoiron ilmu nya mba Vidya, bener2 membuka wawasan bagi bunda Kayyisa.
Video dan foto foto
kayyisa sedang mengeksplore material yang sudah disiapkan di depannya.
A. Area kehidupan sehari hari,
Dari
kegiatan ini beberapa hal yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak:
1.
Menguatkan
jari sebagai persiapan menulis
2.
Memperjanjang
rentang konsenstrasi
3.
Melatih
kemandirian dan membentuk citra diri yang positif
4.
Melatih
koordinasi mata dan tangan
B. Area sensoris
Kayyisa akan merasakan sendiri perbedaan tekstur cangkang telur dan isi telor yang
direbus, ketika mencoba mengksplore memakan cangkang telor, bunda pun
membiarkan (dengan tetap diawasi), dia pun akan merasakan sendiri bahwa ketika
digigit dikunyah dan dilidah pun berbeda dengan tekstur isi telur yang lembut.
Daging
telor yang dia makan pun, menimbulkan rasa seret, sehingga dia selalu minta
minum ketika sudah beberapa lama makan bagian kuning telornya. (saya sebagai
orang dewasa pun merasakan makan kuning telor terasa seret dan ingin minum air
putih).
C. Area budaya dan ilmu
pengetahuan
Next
nya dari pengulangan ini ketika kayyisaksudah mulai memahami informasi ataupun
dirasa sudah cukup usia, kami akan menjelaskan tentang telur, siklus hidup
ayam, dari telur dan ayam. Dsb.
Tujuan
dari area ini adalah menghubungkan kembali anak dengan alam dan lingkungan
sekitar. Serta membantu anak memahami perannya dalam alam semesta ini. Dengan begitu
semoga akan tumbuh keinginan anak untuk berkontribusi pada alam, bukannya
terpaku pada yang dapat diberikan alam untuknya.
D. Area Matematika
Untuk
area matematika mungkin ini belum bisa dieksplore banyak, karena telornya hanya
1, namun bisa jadi fitrah anak bermain dengan imajinasi mereka, misalnya
telornya 1 tapi wadahnya 2, dan juga dilihat dari gambar flashcard yang jumlah
telornya lebih banyak. Kalau nggak salah yang terpenting anak mengetahui konsep
banyak dan sedikit terlebih dahulu.
E. Area bahasa dan literasi
Untuk
usia Kayyisa yang masih dibawah 2 tahun, setidaknya dia mengalami pengulangan
kosakata sendok, piring, mangkok, telor, gambar.
Next
nya pasti akan lebih banyak dieksplore dari sisi ini.
Palembang,
November 3, 2018
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
#MeningkatkanKecerdasanAnak
#KuliahBundaSayang
#Day3
Komentar
Posting Komentar