Menstimulasi kecerdasan matematika logis pada anak 3










Pagi ini kayyisa masih menginap di pohon hotel inn batu malang. Kami sarapan di resort tersebut dimana viewnya langsung kepada hewan di jatim park 2, tepatnya leopard dan singa.


Kayyisa pun senang melihat hewan hewan favoritnya. Dia menunjuk atas atas, memang letak posisi leopard ada di atas batang2an. Kemudian kayyisa minta turun, dari arah penglihatannya tidak Nampak leopard dan singanya, karena terhalang tembok bawah. Akhirnya bunda menjelaskan bahwa kayyisa harus digendong agar terlihat singa dan leopardnya lebih jelas, jadi harus mengambil posisi lebih tinggi atau mundur ke belakang lebih jauh agar terlihat. Melatih memahami posisi jauh dekat tinggi rendah, posisi sudut pandang merupakan bagian dari matematika logis.


Di dalam jungle park resto itupun terdapat hewan hewan lain, ada juga replica hewan, salah satunya adalah kupu-kupu. Posisi nya tergantung di pohon atas, dan kupu kupunya besar sekali. “besar besar, kupu kupu” kata dia. Bunda pun menjelaskan bahwa ukuran kupu kupunya besar, lebih besar daripada burung burung di sebelahnya, begitu juga untuk hewan yang lain. Kayyisa pun mulai dengan kebiasaanya menghitung, dia menghitung jumlah kupu-kupu dan jumlah monyet yang bergelantungan. Menghitung ala kayyisa, sesuai usianya (bunda tidak pernah memaksa dia untuk mulai berhitung, namun mungkin sudah terbiasa karena melihat atau mendengar). 


Di museum angkut, kayyisa bisa melihat aneka jenis transportasi dari jaman sebelum kemerdekaan hingga saat ini. Bunda bisa menjelaskan banyak hal yang berhubungan dengan matematika logis sesuai usianya. 


Liburan di batu malang ini, memang liburan bergizi untuk kecerdasan anak, banyak hal yang didapatkan dan bisa dipelajar baik untuk anak maupun dewasa juga. Banyak hal yang bisa dieksplore J




Batu Malang, 9 february 2019


#harike3
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Komentar

Postingan Populer